Antara Kue, Bugis, dan Makassar

Banyak orang yang bertanya tentang perbedaan antara Bugis dan Makassar, beberapa orang menganggapnya bahwa Bugis Makassar ialah suku yang masing-masing berbeda. Namun, sebenarnya  makassar ialah bagian dari ciri khas suku bugis itu sendiri.

Makassar atau biasa disebut sebagai "Mangkasara" biasa diartikan orang-orang sebagai sikap kasar. Hal ini keliru, karena arti dari kata "Mangkasara" sebenarnya ialah bersifat terbuka. Adapun orang-orang yang menganggapnya kasar disebabkan kegigihan pejuang sewaktu menghadapi Kolonial Belanda. Pejuang terbuka dengan datangnya teman, namun begitu keras bagi orang-orang yang bermaksud untuk menjajah.

Bugis Makassar, ialah sebuah kesatuan etnis yang terkenal dengan perjuangannya menghadapi kolonial Belanda dan terkenal dengan keahlian navigasi lautnya.

Berbicara tentang Bugis Makassar, baik dari sejarah maupun segi budayanya, tidak dapat lepas dari peran hadirnya kue kue tardisional yang menjadi saksi bisu sejarah berdirinya etnis Bugis Makassar. Sebuah hal yang sepele dalam hidup, namun selalu mendampingi Anda di setiap pagi, sore atau kapanpun sebagai teman untuk cangkir kopi Anda.

Kue Bugis Makassar merupakan kue khas yang berasal dari Makassar yang mencirikan etnis bugis di dalamnya. Contohnya putu kacang. Kue ini tergolong unik karena teksturnya yang simple, namun mengundang lidah Anda untuk mencobanya. Ketika digigit kue ini keras namun Anda akan merasakan manis yang tidak membuat lidah Anda bosan untuk terus mencobanya.

kue bugis makassar
http://www.kuebugismakassar.com

Begitulah ciri khas Bugi Makassar yang tersirat ketika Anda mencoba kue putu kacang ini. Keras ketika digigit namun manis yang tidak begitu berlebihan sehingga Anda tidak bosan untuk selalu mencobanya. Orang Bugis Makassar boleh dikatakan kasar oleh suku lainnya, hal itu karena Anda sendiri belum mengenal budaya dan perawakan orang Bugis Makassar yang sebenarnya.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Makassar, tidak ada salahnya mencoba salah satu kue tradisional yang terdapat di Makassar. Banyak sekali pilihan untuk Kue Bugis Makassar, mulai dari Baruasa, putu kacang, kripek wijen, baruasa gula merah dan lain-lain.

Kue Bugis Makassar ini sangat cocok sebagai cemilan pendamping teh Anda dan juga sebagai oleh oleh dari Makassar untuk keluarga Anda di rumah. Selain putu kacang, kue Bugis Makassar yang dikenal dengan nama Baruasa juga tidak kalah menarik. Kue ini berbentuk bulat pipih dan biasa disebut dengan kue pecah seribu. Dikarenakan bentuknya yang becorak retakan-retakan berwarna cokelat.
kue bugis makassar
http://www.kuebugismakassar.com
Berbeda dengan kue putu kacang yang menimbulkan sensasi keras ketika digigit, baruasa memiliki tekstur lembut dan manis yang melebur di mulut. Rasa manis yang ditimbulkan dari kue inilah yang membedakannya dengan kue tradisional lainnya, dan membuat baruasa laris dijadikan buah tangan oleh para pelancong.

Kehadiran Anda di Makassar dan interaksi Anda bersama orang-orang bugis, membuat Anda mengenal suku Bugis Makassar dan kembali mengingatnya dalam setiap gigitan Kue Bugis Makassar yang Anda coba.

1 komentar:

  1. klo saya sih lebih suka kue bugis, karena lebih enak menurut saya lebih enak....

    ReplyDelete