Asal Usul Ayam Ketawa Gubernur Yasin Limpo


Mungkin sebagian dari Anda ada yang masih belum mengenal ayam spesies ini. Ayam ketawa. Begitulah ayam ini biasa disebut. Suara kokok ayam ini memang terdengar seperti suara tertawa. Tapi jangan membayangkan ayam ini tertawa seperti layaknya manusia untuk lebih jelasnya silahkan lihat video di bawah.

Sejarah ayam ketawa
Tidak jauh berbeda dengan ayam lain pada umumnya. Ayam ini juga memiliki warna bulu dan karakter sama dengan kebanyakan ayam lainnya. Ayam ketawa ini berasal dari daerah Sidrap, Sulawesi selatan. Dulu, ayam jenis ini dipelihara oleh bangsawan bugis dan menjadi hiburan di kalangan bangsawan. Konon ayam ini bisa membawa hoki buat para pemiliknya. Mungkin saja itu benar.


Video diatas adalah cupilikan kokok ayam ketawa yang dimiliki oleh Syahrul Yasin Limpo. Ayam ini dapat berkokok hingga sampai 16 detik. Ayam gubernur ini didapatkan dari kontes ayam ketawa yang selalu diadakan gubernur tiap tanggal 16 maret tiap tahunnya.
Ayam ini mulanya milik seorang bernama Pak Amri yang bertempat tinggal di Maccopa Kabupaten Maros. Memang suatu kesengajaan, dia mengikutkan ayam ini ke perlombaan tersebut dan hasilnya ayam ketawa ini menarik perhatian gubernur Syarul Yasin Limpo. Tanpa pikir panjang lagi, akhirnya ayam ketawa tersebut mendapat predikat juara pada perlombaan tersebut dan beralih kepemilikan ke tangan gubernur setelah uang Rp 30 juta diterima oleh pemilik ayam yang asli.

Diperkirakan kemungkinan besar, 16 maret mendatang kontes serupah akan kembali digelar di gubernuran, Makassar. Hal ini pulahlah yang melatarbelakangi banyak orang yang mulai memelihara ayam ketawa...
Terima kasih sudah berkunjung di Bassicor.blogspot.com

1 komentar: